Beragam Study Tour Online Indonesia dan Mancanegara

Halo Sobat wisata, pernah terbayang nggak sih, beragam study tour online Indonesia dan mancanegara yang menarik? Simak deh, serba-serbi tentang study tour online dalam artikel ini.

Kegiatan pembelajaran merupakan salah satu hal yang paling terdampak oleh pandemi Covid-19. Pandemi ini membuat nyaris seluruh kegiatan pembelajaran harus terhambat dan dipaksa untuk beradaptasi dengan sistem online.

Para siswa tak lagi bisa bertemu dengan teman sebaya secara langsung. Penjelasan dari bapak atau ibu guru juga harus didengarkan melalui berbagai aplikasi online.

Tak jarang dari siswa yang mengeluhkan hal ini. Sebagai tenaga pendidik pun, tak jarang memutar otak untuk membuat pembelajaran lebih menarik, bukan?

Study tour secara online melalui virtual tour bisa menjadi jawaban bagi permasalahan ini, lho. Walau segala kegiatan study tour fisik harus dibatalkan demi keselamatan bersama, tidak berarti study tour harus langsung dipangkas dan ditiadakan begitu saja, kok.

Study tour tetap bisa dilaksanakan secara online sebagai sarana rekreasi sekaligus belajar.

Ingin tahu lebih lengkap mengenai study tour online Indonesia dan mancanegara ini?

Destinasi Study Tour Online yang Menarik

Kalau ingin mengadakan study tour online mancanegara enaknya kemana, sih? Kalau lebih tertarik mengadakan study tour online di Indonesia saja, bagaimana? Apakah banyak juga destinasi yang menarik? Tak perlu khawatir, sebenarnya ada banyak sekali destinasi study tour online yang bisa menjadi pilihan yang baik, kok.

Berikut beberapa destinasi study tour online Indonesia maupun mancanegara yang menarik dikunjungi :

  1. Seoul Virtual City Tour

Jika ingin di cek, seberapa banyak dari anak didik yang menggemari K-Pop atau K-Drama sih? Atau mungkin, berapa banyak juga yang mulai tertarik dengan kuliner asal Negri Gingseng ini? Berangkat dari ketertarikan anak didik, Anda bisa memilih destinasi Seoul, Korea untuk study tour online, lho.

Tenang, bukan melulu dunia entertainment yang bisa ditampilkan dan dipelajari dari destinasi yang satu ini. Korea Selatan juga memiliki banyak budaya dan kisah sejarah yang menarik untuk dibahas, kok.

Sambil melihat seperti apa tempat terkenal yang ada di Seoul, para siswa juga bisa mengenali dan memahami bahwa Korea punya budaya dan sejarah disamping dunia seni yang populer.

2. Virtual tour kota Yogyakarta

Yogyakarta bisa menjadi destinasi study tour dalam negeri yang menarik dan punya banyak tempat terkenal. Daerah Istimewa ini juga memiliki Kraton yang menarik untuk dikenalkan pada anak didik.

Secara kuliner sih, sudah tak perlu ditanya. Kota ini memang dikenal dengan kulinernya juga. Ingin menekankan pada pembelajaran budaya? Ingin mengungkap fakta sejarah yang pernah terjadi di Yogyakarta? Keduanya bisa Anda dapatkan kok, dalam study tour online di Yogyakarta.

3. Virtual tour kota Itali

Italy bisa menjadi destinasi study tour luar negeri yang menarik, lho. Anda bisa menampilkan Menara Pisa yang merupakan salah satu keajaiban dunia pada para anak didik.

Berbagai tempat menarik lain seperti Pantheon, Trevi Fountain, Colloseum, dan sebagainya. Mereka bisa melihat seperti apa sih, keadaan di Italy yang mungkin selama ini hanya mereka kenal dari kulinernya saja.

Menceritakan asal usul atau sejarah Pizza juga bisa jadi konten menarik untuk diselipkan dalam study tour online, lho.

Tips Mencari Destinasi Study Tour Online

Jika mengadakan study tour offline, mungkin biasanya pemilihan lokasi disesuaikan dengan jarak, bukan? Seringkali mencari lokasi study tour ini dipilih yang mudah dijangkau namun juga punya nilai atraktif.

Nah, bagaimana kalau study tour diadakan secara online, nih? Jangkauan jarak tak lagi jadi masalah, bukan? Mau mengadakan study tour di tempat yang paling jauh sekalipun, tidak ada hambatan.

Akan tetapi, hal ini tidak berarti bahwa destinasi study tour online bisa dipilih acak begitu saja. Alangkah baiknya kalau Anda memilih destinasi berdasarkan beberapa pertimbangan materi berikut.

  1. Sejarah

Bila sasaran atau tujuan Anda dalam mengadakan study tour ini untuk memfasilitasi pembelajaran sejarah, lebih baik memilih destinasi yang sesuai.

Anda bisa mengunjungi tempat dan menyampaikan pada pihak tour terkait tujuan Anda tersebut. Beberapa contoh tempat menarik yang bisa memfasilitasi tujuan ini misalnya Virtual Tour Kota Surabaya. Anda bisa mengunjungi Hotel Majapahit, tempat perobekan bendera yang penuh haru, Monumen Pahlawan, Jembatan Merah, dan masih banyak lagi.

Virtual Tour Kota Semarang juga tak kalah menarik untuk menjadi destinasi study tour online. Ingin mengungkap sejarah yang terjadi di luar negeri? Bisa juga kok, memilih kisah sejarah inspiratif yang ada dan membagikannya. Misalnya, mengunjungi Shibuya Station, Tokyo, dan membagikan kisah anjing setia, Hachiko.

Anda bahkan juga bisa menanamkan nilai kehidupan juga nih, dalam tiap pembelajaran sejarah melalui study tour online ini. Sepertinya, metode ini makin menambah saja yah, pengetahuan yang diperoleh para siswa.

2. Budaya

Lebih tertarik untuk mengutamakan pembelajaran dan pemaparan budaya bagi para anak didik? Anda dapat mempersempit lagi tujuan study tour dengan memilih budaya mana yang ingin dibawakan.

Apakah ingin memperdalam pengetahuan tentang budaya Indonesia? Atau ingin memperkenalkan dengan budaya yang ada di luar negeri? Tentu keduanya sama baik untuk menjadi media pembelajaran.

Tak perlu khawatir juga, budaya yang ditampilkan akan disesuaikan dengan kebutuhan sekaligus usia. Hal-hal yang tidak pantas ditampilkan atau diajarkan bagi anak-anak tidak akan ditampilkan.

Pada akhirnya, anak didik bisa diperkaya dengan pembelajaran budaya yang dilaksanakan melalui study tour online ini.

3. Alam dan Geografi

Tidak menutup kemungkinan bahwa Anda cenderung memilih memberikan rekreasi pada para anak didik di alam. Walau secara online, hal ini tetap mungkin untuk dilakukan, yah.

Anda bisa menyelipkan pembelajaran geografi pula di dalamnya. Jepang Virtual Tour juga termasuk salah satu destinasi alam yang bisa dituju. Anda bisa mengunjungi Gunung Fuji yang memang dikenal dengan keindahannya pula. Ingin alam Indonesia saja? Virtual tour Bali Kintamani tak kalah menarik juga, kok.

Anda juga bisa mengeksplor Pulau Dewata dengan mengikuti Virtual tour Bali Tanah Lot. Anda bisa memilih sendiri wisata alam seperti apa yang ingin ditampilkan. Apakah pegunungan sejuk? Tempat bersalju? Pantai yang indah dengan ombak menggulung?

Wah, jangankan bagi anak didik, para tenaga pengajar atau orangtua yang membaca artikel ini pun rasanya cukup excited, yah dengan konsep ini. Bayangkan saja, tanpa harus ribet dan keluar biaya terlalu besar, Anda bisa mengajak anak didik mengeksplor hal baru yang sebelumnya mungkin hanya bisa mereka baca di buku saja.

Selain informatif, study tour online ini juga memberikan pengalaman berwisata dengan teman sebaya. Mengusir kebosanan pun juga didapatkan, pengetahuan juga dikantongi oleh para anak didik. Anda dapat melihat juga berbagai destinasi Virtual Tour yang bersifat reguler maupun yang dapat digunakan sebagai study tour.

Bila tertarik dan ingin lebih banyak tahu terkait Study Tour Online Indonesia ini, Sobat Wisata jangan sungkan untuk menghubungi team Customer Support Panduasia di 0819–108010–99 atau 0819–095226–45.

Terima Kasih.

Panduasia adalah platform marketplace wisata terdepan di Indonesia yang menawarkan trip-trip murah dari berbagai destinasi wisata menarik di Indonesia dan Asia

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store